Rabu, 27 April 2011

Antena gelombang mikro

Antena yang bekerja pada gelombang mikro (microwave) memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Panjang gelombang radio yang sangat pendek yaitu dari 1 cm (30 GHz) sampai 30 cm (1 GHz) membuat proses produksi dan instalasi membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Selain itu, rugi – rugi pada elemen antena serta rugi-rugi konduktor akan meningkat. Hal ini menyebabkan efisiensi antena akan menurun.

A.antena pemantul datar dan menyudut

gambar. antena menyudut

Elemen pemantul pada sebuah antena dipole atau quad dimaksudkan untuk mengarahkan seluruh radiasi kearah depan dan mengurangi radiasi kearah belakang atau samping. Pengaturan jarak antara elemen pemantul dengan antena akan menentukan gain antena.
 B. antena parabola



Antena pemantul lain yang umum digunakan pada gelombang mikro adalah antenna parabola (parabolic reflector antenna). Konstruksi antenna umumnya cukup besar dan umunya dirancang untuk gain besar. Brbagai konstruksi antenna dengan metode pengumpanan yang bervariasi. Direktivitas, D, ditentukan oleh luas fisik permukaan pemantul dari antena parabola.
C. antena helix
Salah satu antena gelombang mikro yang banyak digunakan baik di satelit maupun terrestrial adalah antena helix. Antena helix memiliki keuntungan dalam hal polarisasi medan listrik yang melingkar (circular). Disain konstruksi antenna helix serta bentuk fisik nya diperlihatkan pada Gambar 8.17. Antena helix umum digunakan pada frekuensi orde GHz, misal pada antenna WLAN 2,4 GHz atau pada satelitt komunikasi.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More