Selasa, 26 April 2011

phasa locked loop (PLL)

Sebuah fase-fase loop terkunci atau kunci loop (PLL) adalah suatu sistem kontrol yang mencoba untuk menghasilkan sebuah output sinyal yang fase berkaitan dengan fase dari sinyal "referensi" masukan. Sirkuit ini membandingkan fase dari sinyal input dengan fase dari sinyal yang berasal dari osilator output dan menyesuaikan frekuensi osilator untuk menjaga fase cocok. Sinyal dari detektor fasa digunakan untuk mengontrol osilator dalam umpan balik .
Frekuensi adalah turunan tahap. Menjaga tahap input dan output pada langkah kunci berarti menjaga frekuensi input dan output pada langkah kunci.  Akibatnya, fase loop terkunci dapat melacak frekuensi input, atau dapat menghasilkan frekuensi yang merupakan kelipatan dari frekuensi masukan. Properti mantan digunakan untuk demodulasi , dan properti yang terakhir ini digunakan untuk langsung sintesis frekuensi .
Fase-loop terkunci secara luas digunakan dalam radio , telekomunikasi , komputer dan aplikasi elektronik lainnya. Mereka mungkin menghasilkan frekuensi yang stabil, memulihkan sinyal dari saluran komunikasi yang bising, atau mendistribusikan pulsa waktu jam di desain logika digital seperti mikroprosesor . Karena satu sirkuit terpadu dapat memberikan blok fasa-terkunci-loop bangunan lengkap, teknik ini banyak digunakan dalam perangkat elektronik modern, dengan frekuensi output dari fraksi hertz a sampai dengan gigahertz banyak.
 * aplikasi
Fase-loop terkunci secara luas digunakan untuk sinkronisasi tujuan, dalam ruang komunikasi untuk demodulasi koheren dan ambang batas perpanjangan, sinkronisasi bit , dan sinkronisasi simbol.  Fase-loop terkunci juga dapat digunakan untuk demodulasi frekuensi-modulasi sinyal. Pada pemancar radio, PLL digunakan untuk mensintesis frekuensi baru yang merupakan kelipatan dari frekuensi referensi, dengan stabilitas yang sama dengan frekuensi referensi.
Aplikasi lain meliputi:
  • Demodulasi dari kedua FM dan AM sinyal
  • Pemulihan sinyal kecil yang seharusnya dapat hilang dalam kebisingan ( lock-in amplifier )
  • Pemulihan informasi waktu jam dari aliran data seperti dari sebuah disk drive
  • pengganda Jam dalam mikroprosesor yang memungkinkan elemen prosesor internal untuk berjalan lebih cepat daripada koneksi eksternal, dengan tetap menjaga hubungan waktu yang tepat
  • Decoder, modem , dan Decoder nada lain, untuk remote control dan telekomunikasi
 
Lingkar fase terkunci (Phase locked loop, PLL) adalah suatu rangkaian yang memberi kemungkinan sinyal acuan luar mengendalikan frekuensi dan fase suatu osilator dalam suatu lingkar. Frekuensi osilator lingkar dapat sama besar, atau sebagai kelipatan dari frekuensi acuan. Jika sinyal acuan datang dari osilaor kristal, frekuensi yang lain dapat dijabarkan dan mempunyai stabilitas yang sama dengan frekuensi kristal; ini merupakan dasar dari pensintesis (synthesizer) frekuensi. Jika sinyal acuan mempunyai frekuensi yang berubah-ubah (seperti dalam gelombang dimodulasi frekuensi), frekuensi osilator lingkar akan “mengikuti jejak” frekuensi masukan; prinsip ini digunakan dalam demodulator FM dan FSK, filter penjejak (tracking), dan istrumentasi RF.
            Pada dasarnya, PLL adalah sistem kontrol umpan balik loop tertutup yang mana frekuensi dari tegangan sinyal umpan balik adalah parameter yang jadi perhatian. PLL dapat memilih frekuensi penalaan dan penyaringan tanpa membutuhkan lilitan atau  induktor.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More