Selasa, 26 April 2011

motivator hidup seorang baco


ULAMA merupakan sosok yang tidak hanya sekadar memiliki ilmu tapi juga memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat. Sebagai ulama, semangat dakwah menjadi motivator hidup AGH Sanusi Baco Lc.

Petunjuk waktu di ponsel saya menunjukkan pukul 10.15 Wita. Suasana pagi di Jalan Kelapa Tiga Makassar masih sepi. Saat itu, saya tepat berada di depan rumah salah seorang ulama kharismatik Sulsel, AGH Sanusi Baco Lc.

Ulama kelahiran Maros ini menyilakan saya masuk di kediaman pribadinya. Anak kedua dari lima bersaudara ini, menyuguhi saya beberapa ilmu khususnya pemahaman tentang makna ulama.

Anre Gurutta, demikian gelar yang disandang putra dari pasangan (almarhum) Baco Daeng Naba dan (almarhumah) Basse Daeng Rani. Dia menerangkan, ulama dari aspek bahasa adalah jamak dari kata alim yang berarti seseorang yang memiliki pemahaman. Namun secara sederhana ulama dapat dimaknai sebagai sosok yang tidak hanya memiliki ilmu, namun juga dapat dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat.

Seorang ulama lanjut Sanusi Baco, juga memiliki tugas ganda. "Selain sebagai sosok yang memiliki tanggung jawab terhadap keluarga, dia sekaligus sebagai pengayom dalam masyarakat yang senantiasa mengurusi dan mengawal umat dalam bingkai ajaran agama," sebutnya.

Menurutnya, semua tanggung jawab yang diemban seorang ulama harus didasarkan pada niat yang ikhlas dan ketulusan semata-mata karena Allah. "Mengetahui tugas mulia ulama tersebut, sejak dulu saya sudah bercita-cita menjadi ulama," ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel yang telah menjabat selama tiga periode ini.

Ayah dari tujuh anak ini menuturkan, saat ini tantangan ulama adalah adanya berbagai pengaruh faham atau isme-isme yang berkembang di masyarakat yang justru merusak akidah. Pemberian gelar "Anre Gurutta" yang disematkan padanya, bukanlah pemberian gelar akademik. Melainkan pengakuan yang timbul dari masyarakat atas ketinggian ilmu, pengabdian dan jasanya dalam berdakwah. Tidak semua yang mengajar agama dipanggil sebagai "Anre Gurutta", tergantung dari tingkat keilmuannya.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More